Kelas X
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar Penyempurnaan 03 Mei 2013 (Hotel Allson)
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT
1.2 Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad
sebagai pedoman hidup
1.3 Meyakini kebenaran hukum Islam
1.4 Berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam
kehidupan sehari-hari
|
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits
terkait
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits
terkait
2.3 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta
hadits yang terkait
2.4 Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits yang terkait
2.5 Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
2.6 Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari
pemahaman Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
2.7 Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan
kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah
2.8 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi
dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Madinah
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat
(49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2
Memahami
manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
3.3
Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur
(24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4
Memahami
manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.5
Memahami
makna Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir;
3.6
Memahami
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.7
Memahami
Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama;
3.8
Memahami
kedudukan Alquran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3.9
Memahami
pengelolaan wakaf
3.10.1.
Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah
3.10.2.
Memahami substansi dan strategi dakwah
Rasulullah saw. di Madinah
|
4
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.1
Membaca
Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, sesuai
dengan kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
4.1.2
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat
(49) : 10 dengan lancar.
4.2.1
Membaca
Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 sesuai dengan
kaidah tajwid dan
makhrajul huruf.
4.2.2
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 dengan lancar.
4.3
Berperilaku
yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal
dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna
al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
4.4
Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
4.5
Menceritakan
tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
4.6
Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam
4.7.1
Menyajikan dalil tentang
ketentuan wakaf
4.7.2
Menyajikan pengelolaan
wakaf
4.8.1
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah
4.8.2
Mendeskripsikan substansi dan strategi
dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar